Loading...
Thursday, 14 Dec 2017

Pusat Pengembangan Karir dan Kewirausahaan Mahasiswa
INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOPEMBER

Gedung SAC Kampus ITS JL. Arif Rahman Hakim Sukolilo Surabaya 60111
Telp : 031-5961241; Fax : 0315925880
https://careers.its.ac.id, Email : careersinfo@its.ac.id

 

Buat CV-mu Tampak Berbeda

Berita Umum | 04 October 2012 12:33 wib
Tak pelak lagi, Curriculum Vitae (CV) adalah hal pertama yang dilihat perusahaan dari diri seorang pelamar saat melamar sebuah pekerjaan. Sepintas, CV memang hanya beberapa lembar kertas berisi riwayat hidup. Namun, CV pun harus memberikan kesan pertama yang sama baiknya dengan hal-hal baik yang telah kita tuliskan di dalamnya. Softskill Training, Rabu (3/10) kali ini mencoba memberikan solusi penulisan CV yang efektif dengan tema
 CV Efektif: Ringkas, Padat, dan Tepat Sasaran
 
Pada umumnya, CV berisi data pribadi, kualifikasi akademik, kompetensi (termasuk pengalaman seminar dan training), serta prestasi atau beasiswa yang pernah diperoleh. Lebih baik, informasi yang disertakan dalam CV adalah informasi terbaru. “Misalnya pengalaman organisasi, usahakan dua tahun terakhir,” lanjut Rudi.
 
CV akan lebih efektif bila memuat informasi yang ringkas dan padat. Pelamar hanya perlu menampilkan kompetensi yang sesuai dengan posisi yang dilamarnya. Riwayat pendidikan juga lebih baik dituliskan singkat terutama pendidikan terakhir.

Pelamar juga harus menuliskan informasi dalam CV dengan jujur. Bukan tidak mungkin, ketika memasuki seleksi wawancara, pelamar akan memperoleh pertanyaan sesuai yang tertulis di CV. Aktivitas atau pengalaman yang terakhir dilakukan, itulah yang diletakkan di halaman muka CV sehingga dapat langsung dibaca.
 
Yang Tidak Biasa untuk Sebuah CV
 
Rudi menyarankan hal-hal di luar kebiasaan dalam mengumpulkan CV agar CV lebih menarik perhatian di antara tumpukan CV lainnya.

Pertama, gunakan jasa kurir kilat untuk mengirim berkas lamaran via pos. semakin cepat sampai ke meja HRD, semakin cepat CV Anda masuk ke meja sortir.

Kedua, pelamar juga dapat mencoba melampirkan foto yang berbeda, bukan sekadar pas foto biasa. “Gunakan pakaian resmi tetapi dengan gaya yang santai dalam foto,” terang Rudi.
Link
Dilihat 8193 kali Ditulis Oleh